Saturday, September 21, 2013

DESAIN CARPORT

Carport adalah Elemen rumah yang satu ini sudah menjadi kebutuhan yang harus ada dalam setiap mendisain rumah apabila memungkinkan lokasi dan lahan . kebutuhan manusia yang semakin complex .
Desain carport  saat ini banyak macam variasinya dengan tema dan syle misalnya : Style minimalis, Tropis, Minimalis, modern minimalis, etnik, mediterania dan lain sebagainya. Saat ini trend gaya  desain rumah minimalis banyak di minati masyarakat, terutama  yang tinggal di daerah  perkotaan. Untuk itu maka untuk  menserasikannya  desain Carport minimalis menjadi pilihan ideal.
Adapun hal yang di perhatikan dalam mendisain carport adalah sebagai berikut :
1.    Lokasi :
Sebaiknya desain carport diletakkan di tempat pintu gerbang menuju halaman rumah. Dekat ruang tamu dan jauhkan dari persilangan dan tikungan jalan. Sebaiknya di tentukan dari awal desain rumah.
2.    Konsep desain
Sebaiknya dalam menetukan kosep desain carport haruslah sesuai dengan kosep desain awal desain rumah dan desain landscape
3.    Pemilihan Material
Hal tehnis untuk merancang desain carport  yang tak ketinggalan adalah pemilihan material itu sendiri..dan pekerjaan persiapan. Untuk pemilihan finishing carport misalnya bisa digunakan koral sikat, granit bakar, atau expose beton aja dengan di buat alur alur  seperti tali air agar tidak licin dan tentusaja di buat miring agar carport selalu kering bilaman hujan.
4.    Struktur Carport
Hal dasar yang tak boleh kita tinggalkan adalah struktur dasar carport itu sendiri, sebelum kita memulai pekerjaan pembuatan carport kita harus tahu dulu  kondisi tanahnya. Apabila tanah itu belum padat atau masih labil maka harus terlebih dahulu di padatkan  dengan alat stamper dan di beri pondasi batu koral split baru di cor beton dengan weremesh lalu di beri finishing sesuai dengan keinginan.
5.    Atap carport
Pemakaian atap di carport tentunya adalah  tambahan elemen agar mobil tidak kepanasan dan kehujanan. Namun hal itu tidak mutlak di gunakan. Biasanya atap carport di buat dengan yang sederhana mulai dengan rangka hollow dan atap fiber /atau solar tap yang tembus cahaya, atau pergola dengan tanaman rabat atau dengan elemen pabrikan yng sekarang ini banyak di pasaran.
Demikian ulasan singkat mengenai desain carport rumah tinggal, semoga bermangfaat bagi

No comments:

Post a Comment